Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Watsons Indonesia – Merawat kulit wajah berminyak dan acne-prone memang cukup sulit. Namun, dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat, kamu bisa membersihkan wajah dari pori-pori tersumbat dan minyak berlebih. Berikut ini panduan untuk membantu kamu memilih produk-produk skincare yang tepat, tak ketinggalan beberapa tips pemakaian skincare untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone!

#1 Apa penyebab kulit berminyak dan acne-prone?

(1) Genetik – Jika ada anggota keluarga yang memiliki kulit berminyak dan acne-prone, kemungkinan besar kamu memiliki kelenjar sebaceous bersifat over-reaktif yang memproduksi minyak berlebih.

(2) Cuaca – Cuaca panas dan lembap cenderung memicu munculnya sebum yang menyebabkan kulit berminyak. Sebaliknya cuaca dingin dapat membuat kulit kamu kering sehingga memproduksi minyak berlebih untuk mengimbanginya.

(3) Gaya hidup dan pola makan tidak sehat – Pola makan tidak sehat, merokok, dan kebiasaan minum minuman beralkohol dapat berisiko merusak kesehatan kulit.

(4) Perubahan hormon – Perubahan hormon seperti menstruasi, kehamilan, menopause, dan stres dapat memicu produksi sebum.

#2 Bagaimana polusi dan kehidupan modern sehari-hari bisa menyebabkan jerawat?

Kondisi kulit kita dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, contohnya seperti polusi dan kehidupan modern sehari-hari. Jerawat kerap dikaitkan dengan pola makan tidak sehat, merokok, dan stres. Kondisi serupa juga dapat melemahkan sistem imun kamu dan memicu produksi sebum. Sementara itu, polusi dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout karena kulit terpapar kotoran dan minyak.

#3 Diet sehat dan olahraga rutin bisa bantu mencegah jerawat

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu timbulnya jerawat. Kabar baiknya, diet atau pola makan sehat dan olahraga rutin bisa bantu meningkatkan kesehatan hormonal sekaligus mengurangi stres. Mulai sekarang, usahakan untuk mengurangi makanan dengan kandungan glycemic tinggi. Sebagai gantinya, perbanyaklah makanan kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, kedelai, dan bayam yang mampu mengurangi inflamasi. Dengan begitu, kamu pun akan mendapatkan kulit yang sehat dan glowing.

The Rules of Acne Skin

Dos & Don’ts 

Do’s

Gunakan pembersih wajah bertekstur ringan dan bebas sabun (soap-free) yang tidak mengandung bahan-bahan keras.

✔ Gunakan pelembap bertekstur gel atau lotion yang teksturnya ringan dan oil-free.

✔ Gunakan produk-produk bersifat non-comedogenic.

✔ Cuci sarung bantal dan bersihkan ponsel kamu secara rutin.

Don’ts 

✖ Jangan mencuci wajah secara berlebihan karena bisa mengurangi minyak alami pada kulit.

✖ Hindari mencuci wajah dengan air panas karena dapat membuat kulit kering. Jika kulit kering, justru akan memicu produksi minyak berlebih.

✖ Jangan lupa rutin memakai pelembap untuk menciptakan penghalang kelembapan kulit.

✖ Hindari memegang, memencet, atau mencabut jerawat karena dapat menimbulkan luka.

Tips & Trik

Rutinitas Pemakaian Skincare untuk Kulit Wajah Berminyak dan Acne-prone

Langkah 1: Gunakan gel pembersih bersifat ringan untuk membersihkan wajah, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali sehari.

Langkah 2: Gunakan toner untuk mengeksfoliasi kulit secara lembut.

Langkah 3: Aplikasikan clay, charcoal, atau peeling mask seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran, sebum berlebih, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Langkah 4: Gunakan pelembap yang ringan, oil-free, dan non-comedogenic untuk mencegah pori-pori tersumbat.

Langkah 5: Kalau kamu sedang berjerawat, atasi menggunakan produk acne spot treatment yang mengandung salicylic acid and benzoyl peroxide.

Previous

Bagaimana Cara Patch Test Produk Skincare Baru?

Next

Hapus Makeup dengan Tisu bayi? Bisa Gak Ya?

Related Topics
Share