Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Rutinitas yang padat sering kali bikin pola makanmu jadi terganggu. Padahal, melewatkan makan itu bisa berakibat fatal, lho! Beberapa penyakit pencernaan seperti konstipasi, diare, GERD, apendisitis, dan wasir bisa menghampirimu bila tidak menerapkan pola makan yang teratur. Lalu, bagaimana cara mencegah supaya penyakit-penyakit di saluran pencernaan tersebut tidak menyerang? Temukan jawabannya di sini!


Penyakit yang Umum Terjadi

Persis seperti yang disebutkan di atas, ada lima penyakit pencernaan yang umum melanda manusia. Ini dia detail penjelasan berikut penyebabnya!

1. Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah kondisi ketika kamu kesulitan buang air besar secara teratur. Ini bisa menjadi masalah yang umum, terutama kalau pola makanmu kurang serat, tidak memenuhi kebutuhan air per hari, hingga kurang berolahraga. Konstipasi dapat menyebabkan perut terasa kembung, tidak nyaman, bahkan nyeri.

2. Diare

Diare adalah kebalikan dari konstipasi. Ketika mengalami diare, kamu akan sering buang air besar dengan konsistensi yang sangat encer. Diare bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, makanan yang tidak higienis, atau stres. Ini bisa sangat mengganggu aktivitas harianmu, khususnya kalau frekuensi BAB jadi sangat sering.

3. GERD

GERD adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini bisa mengakibatkan rasa terbakar di dada dan gejala lainnya yang tidak nyaman. GERD sering terkait dengan pola makan yang tidak sehat, terutama mengonsumsi makanan pedas, berlemak, atau tidur setelah makan.

4. Apendisitis

Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu. Gejala utama yang biasanya muncul adalah nyeri tajam di bagian kanan bawah perut, mual, muntah, dan demam. Kondisi ini memerlukan penanganan medis segera, sebab jika tidak diobati, usus buntu bisa pecah dan menyebabkan masalah serius.

5. Wasir

Wasir atau yang lebih dikenal sebagai ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau rektum. Gejala umumnya meliputi perdarahan saat buang air besar, rasa gatal, dan rasa tidak nyaman pada area tersebut. Wasir sering terjadi akibat tekanan berlebih pada pembuluh darah di area tersebut dan bisa diturunkan.


Cara Mencegah Penyakit Pencernaan

Setelah kita mengenal beberapa penyakit pencernaan, sekarang mari kita bicarakan cara mencegahnya. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, ya!

1. Jalani diet tinggi serat

Untuk mencegah konstipasi dan menjaga kesehatan pencernaanmu, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya serat. Sebab, serat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Kamu bisa mendapatkan serat dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber makanan sehat lainnya.

Kalau hal semacam itu terasa sulit kamu dapatkan dari makanan langsung, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen serat seperti Lifefun Fibrmax. Dengan kandungan probiotik premium dan spirulina alami, produk ini bisa membuat sistem pencernaanmu jadi lebih lancar. Sehingga, gangguan seperti sembelit tak akan terjadi lagi.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

2. Jaga berat badan ideal

Obesitas atau berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit pencernaan, terutama GERD. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan ideal melalui pola makan yang seimbang dan olahraga rutin. Ini tidak hanya baik untuk pencernaanmu, tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

Berikut rekomendasi produk untuk membantu menjaga berat badan ideal:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

3. Hindari kebiasaan tidur setelah makan

Salah satu kebiasaan yang bisa memicu GERD adalah tidur setelah makan. Memang, tidur setelah makan itu terasa sangat enak sekali, tapi ini bisa menimbulkan risiko yang sama sekali tidak enak. Makanya, cobalah untuk memberi jeda minimal 2-3 jam setelah makan sebelum kamu tidur atau berbaring. Ini akan membantu mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.


Sekarang kamu sudah lebih paham mengenai beberapa penyakit pencernaan yang perlu diperhatikan dan cara mencegahnya. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan pencernaan itu penting untuk kualitas hidup yang baik. Jangan abaikan tanda-tanda masalah pencernaan dan cobalah menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Jika kamu membutuhkan suplemen serat berkualitas, kunjungi website Watsons atau download aplikasi Watsons ID untuk smartphone (Android dan iOS). Ada Lifefun Fibrmax dan berbagai suplemen serta vitamin kesehatan lainnya yang sangat penting untuk mendukung pola hidup sehatmu.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Yuk, jaga kesehatanmu dengan baik dan selalu utamakan pencegahan daripada mengobati!

Previous

3 Manfaat Colloidal Oatmeal untuk Kulit Sehat

Next

Tutorial Latte Makeup, Warna Coklat Kopi yang Simpel Cantik

Related Topics
Share