Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Zinc atau seng adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, tubuh tidak bisa membentuk zinc sendiri sehingga kamu harus mengonsumsi makanan dengan kandungan mineral tersebut. Adapun fungsi zinc bagi tubuh adalah membantu mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan sistem imun, hingga menjaga tumbuh kembang tubuh. Oleh karena itu, simak rekomendasi makanan yang mengandung zinc kadar tinggi untuk konsumsi sehari-hari berikut ini!

1. Daging merah

Daging merah mampu mencukupi 44 persen rata-rata kebutuhan zinc harian tubuh karena dalam 100 gramnya mengandung 4,8 miligram zinc. Beberapa contoh daging merah adalah daging domba dan daging sapi. Kalau kamu mau menyantap makanan enak sekaligus memasok zinc ke dalam tubuh, maka bisa coba beragam olahan daging sapi maupun domba. Namun, tetap imbangi konsumsi daging ini dengan buah dan sayur, ya!

2. Kacang-kacangan

Kalau kamu kurang suka menyantap daging, maka alternatif makanan yang mengandung zinc adalah kacang-kacangan. Bahan makanan yang termasuk kacang-kacangan ini di antaranya adalah kacang mete dan lentil. Dalam 100 gram lentil terkandung zinc yang dapat memenuhi 12 persen rata-rata kebutuhan harian tubuh. Segenggam kacang mete juga dapat memenuhi 15 persen kebutuhan zinc harian tubuh kamu.

3. Telur

Makanan tinggi zinc berikutnya adalah telur. Sumber makanan yang satu ini tentu sudah jadi konsumsi harian kamu, bukan? Faktanya, satu butir telur ukuran besar punya kandungan 1 miligram zinc yang mampu mencukupi 9 persen kebutuhan harian tubuh. Kamu dapat mengolah telur dengan beragam resep masakan sehingga bisa menikmati sumber makanan tinggi zinc ini dengan nikmat.

4. Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga termasuk sumber makanan yang mengandung zinc, lho. Contoh biji-bijian yang memiliki kandungan zinc antara lain adalah wijen, biji rami, dan biji labu. Kandungan zinc di dalam biji-bijian ini juga tergolong tinggi. Sebut saja biji rami, yang tiap sendoknya (30 gram) dapat memenuhi 43 persen kebutuhan zinc harian seorang perempuan.

5. Gandum utuh

Pernahkah kamu mendengar makanan yang bernama quinoa? Quinoa biasa disantap sebagai pengganti nasi dan dinikmati bersama aneka lauk-pauk. Ternyata, quinoa termasuk gandum utuh dan sumber makanan yang mengandung zinc kadar tinggi, lho. Bukan cuma satu, quinoa punya kandungan beberapa zinc sekaligus di dalamnya. Makanya, kalau kamu butuh sumber makanan tinggi zinc, salah satu alternatifnya adalah quinoa.

6. Kerang-kerangan

Aneka makanan laut, termasuk kerang, punya kadar zinc tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh kamu. Kalau kamu bosan menyantap telur, kacang-kacangan, dan daging untuk memenuhi kebutuhan zinc tubuh, bisa ganti dengan kerang-kerangan yang segar. Kamu bisa menyantap 6 tiram ukuran sedang untuk memenuhi kebutuhan 32 miligram zinc di dalam tubuh. Namun, ingat, pastikan kamu memasak kerang hingga matang seluruhnya, ya!

7. Susu

Setelah tadi ada banyak daftar makanan yang mengandung zinc, kali ini ada rekomendasi minuman menyehatkan, yakni susu. Ya, selain mengonsumsi makanan yang harus dikunyah, kamu juga bisa meminum susu untuk memenuhi kebutuhan zinc di dalam tubuh. Susu punya kandungan 9 persen zinc dalam satu cangkirnya. Sementara produk olahan susu, seperti keju misalnya, mengandung 28 persen zinc untuk tiap 100 gramnya.

8. Dark chocolate

Dark chocolate mungkin jadi rekomendasi makanan yang mengandung zinc paling kamu suka. Pasalnya, cokelat hitam kerap diolah jadi dessert manis yang bisa kamu makan setelah menu utama maupun camilan. Sebanyak 100 gram cokelat hitam 70-85% mampu mencukupi 30 persen kebutuhan zinc harian orang dewasa. Dalam 100 gram dark chocolate tersebut terkandung kurang-lebih 3,3, miligram zinc. 


Zinc adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Akan tetapi, tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri sehingga kamu harus menyuplainya lewat makanan sehari-hari. Demi menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc setiap hari.

Kamu bisa makan deretan sumber makanan tinggi zinc yang telah disebutkan tadi. Selain itu, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan zinc harian dengan mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan tersebut! Yuk, dapatkan beragam pilihan suplemen multivitamin dan mineral yang baik untuk tubuh di Watsons Indonesia dan juga aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS)!

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Previous

Mau Minum Obat Paracetamol, Perhatikan Ini Dulu

Next

Tips Makeup Natural untuk Tampil Awet Muda

Related Topics
Share