Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Dengan meningkatnya suhu udara belakangan ini akibat perubahan iklim, kasus penyakit demam berdarah kembali marak. Demam berdarah disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti yang telah terinfeksi. Untuk mengendalikan penyebaran penyakit ini, penting untuk memahami gejala dan langkah-langkah pencegahannya. Simak artikel ini, yuk, untuk informasi selengkapnya!


Gejala yang Perlu Diwaspadai

Gejala demam berdarah yang perlu diwaspadai termasuk demam tinggi yang muncul tiba-tiba, sakit kepala berat, nyeri pada sendi, otot, dan tulang, nyeri di belakang mata, kelemasan, mual, muntah, pembengkakan kelenjar getah bening, dan munculnya ruam atau bintik kemerahan. Biasanya, gejala-gejala ini berlangsung kurang dari satu minggu, tapi kemudian bisa berkembang dan memburuk, terutama antara hari ke-3 hingga ke-7 setelah gejala awal muncul. 

Pada tahap awal, demam bisa turun sejenak (saddleback fever) yang sering salah diartikan sebagai tanda kesembuhan. Pada tahap ini, risiko perdarahan dan kebocoran pembuluh darah meningkat. Tanda bahaya yang harus diwaspadai meliputi sakit perut yang tak tertahankan, perdarahan, lemas, napas pendek, kaki dan tangan yang dingin, basah, dan pucat, dan terdapat darah pada urine, tinja, atau muntah.


Cara Mencegah Demam Berdarah

Berikut enam langkah pencegahan demam berdarah yang efektif:

1. Kuras air yang ada di rumah

Genangan air ideal bagi nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak. Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air dan larva nyamuk yang menetas akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa dalam 8-10 hari. Karenanya, penting untuk menguras dan membersihkan bak mandi, ember, dan wadah lainnya di rumah minimal seminggu sekali. Bersihkan dan kuras juga berbagai wadah lain seperti baskom, kaleng, vas, pot bunga, dan ember yang bisa menjadi sarang nyamuk.

2. Pasang kasa atau kain kelambu

Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, pasang kasa nyamuk pada lubang ventilasi dan jendela. Kasa nyamuk tersedia dalam berbagai jenis, termasuk yang terbuat dari kawat, magnet, dan jaring-jaring rapat. Ini akan membantu menghalau masuknya nyamuk dari luar. Selain itu, pasang kelambu di kamar tidur untuk tidur dengan aman dan bebas dari gigitan nyamuk.

3. Simpan pakaian dengan tepat

Jangan biarkan cucian menumpuk atau tergantung terlalu lama karena nyamuk suka aroma tubuh manusia. Lipat dan simpan pakaian yang baru digunakan dengan rapi. Langkah ini akan mengurangi peluang bagi nyamuk untuk menghinggapi pakaian.

4. Gunakan obat nyamuk

Gunakan lotion atau krim anti nyamuk saat berada di luar rumah atau di tempat terbuka, terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutupi oleh pakaian. Selalu ikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan. Penting untuk mengoleskan krim anti nyamuk, terutama menjelang tidur karena nyamuk demam berdarah aktif sepanjang malam, lho. Produk seperti Soffell lotion dan Mommy Time Baby Natural Protect Lotion bisa memberikan perlindungan efektif dari nyamuk.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

5. Pangkas tumbuhan liar di rumah

Pekarangan yang hijau dan penuh bunga bisa menjadi tempat yang indah untuk berkumpul. Namun, pastikan kamu merawatnya dengan baik untuk mencegah tumbuhan liar dan rerumputan lebat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Terutama saat musim hujan, pastikan tidak ada genangan air di antara tanaman. Pastikan kamu babat rata dan rapikan pekarangan, serta kuras setiap pot dan tutup lubang genangan.

6. Terapkan gaya hidup sehat

Selain tindakan fisik, menjalani gaya hidup sehat juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap demam berdarah, lho. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan termasuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, olahraga secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan tidur yang cukup setiap malam untuk memungkinkan tubuh pulih dan memperkuat sistem kekebalan.

Konsumsi suplemen vitamin C seperti Blackmores Bio C yang mengandung vitamin C tinggi dan bioflavonoid untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Atau, Sido Muncul Sari Daun Pepaya, suplemen herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mengatasi beberapa penyakit.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Nah, dengan meningkatnya suhu akibat perubahan iklim, kasus demam berdarah meningkat, nih. Seperti yang dijelaskan, penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejalanya meliputi demam tinggi, sakit kepala, nyeri sendi, dan bahaya seperti perdarahan. Tapi, kamu bisa mengambil langkah pencegahan seperti menguras air, memasang kasa nyamuk, menjaga pakaian, gunakan obat nyamuk, rawat taman, dan gaya hidup sehat.

Kamu juga bisa beli produk yang direkomendasikan untuk pencegahan di Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) untuk melindungi diri dan keluarga dari demam berdarah.


Previous

Cara Memilih Botol Bayi dengan Tepat

Next

8 Jenis Sisir Rambut dan Fungsi Lengkapnya

Related Topics
Share