Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

T-zone adalah area wajah yang meliputi dahi, hidung, dan dagu. Jika disatukan, ketiga area tersebut membentuk huruf ‘T’ sehingga disebut sebagai T-zone. Nah, area ini memiliki lebih banyak kelenjar minyak daripada area lain pada wajah, sehingga cenderung lebih oily dan acne-prone. Jadi, wajar jika kamu pernah merasa risih dengan wajah yang terasa lebih berat karena minyak berlebih. Tapi, jangan khawatir. Kita bisa mengendalikan produksi minyak berlebih di area tersebut!


6 Tips Kurangi Minyak di T-Zone

Kunci merawat area T-zone adalah mengurangi produksi minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa kering. Kamu bisa melakukannya dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

Double cleansing is a must! 

Salah satu cara terbaik untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah adalah dengan rajin melakukan double cleansing, idealnya saat pagi dan malam hari. Aktivitas ini dapat membantu menghilangkan kotoran, bakteri, dan sel-sel kulit mati dari wajah kamu. Mulailah rutinitas double cleansing kamu dengan micellar water, lalu cuci muka menggunakan facial wash yang mengandung formula oil control seperti Wardah Perfect Bright Creamy Foam Oil Control.

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Diformulasi untuk kulit cenderung oily, facial foam dari Wardah ini mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah secara kesat. Namun, kelembapan kulit kamu tetap akan terjaga berkat adanya kombinasi Vitamin B3 dan Licorice yang bekerja sebagai Double Lightening Actives. Tak hanya itu, terdapat pula kandungan Mineral Clay untuk menyerap produksi minyak berlebih sekaligus mencegah komedo agar tidak menyumbat pori-pori kulit.

Pilih toner sesuai kondisi kulit 

Maksimalkan perawatan kulit area T-zone dengan menggunakan toner sesuai kebutuhan. Jika area kulit selain T-zone juga cenderung oily, pilihlah toner bersifat exfoliating yang umumnya fokus mengurangi minyak berlebih dan jerawat.

Berikut ini aneka rekomendasinya:

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Namun, kalau kulit wajah kamu termasuk kombinasi oily dan dry, sebaiknya gunakan hydrating toner untuk menyeimbangkan hidrasi pada kulit:

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Pertimbangkan clay mask 

Dibuat dari bahan dasar tanah liat, clay mask terkenal akan manfaatnya dalam menyerap minyak berlebih dan membersihkan pori-pori kulit. Itulah kenapa skincare satu ini direkomendasikan untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada area T-zone. Kamu bisa merasakan manfaat ini dengan menggunakan Emina Clay Mask Sebum Control.

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Diperkaya dengan Niacinamide dan Summer Plum Extract, Emina Clay Mask Sebum Control dapat mengeksfoliasi kulit mati sekaligus membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Tenang saja, tekstur clay-nya ringan sehingga nyaman diaplikasikan pada kulit. Tak kalah penting, kulit kamu juga akan terasa lembut setelah pemakaian. Untuk hasil optimal, gunakan clay mask setiap 1-2 kali dalam seminggu, ya!

Jangan lupakan moisturizer

Beberapa dari kamu mungkin enggan menggunakan moisturizer karena khawatir bakal membuat area T-zone semakin berminyak. Nyatanya, moisturizer tetap dibutuhkan untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit. Apabila kulit kering, kelenjar minyak justru akan memproduksi lebih banyak minyak. Nah, agar kulit tidak semakin oily saat pakai moisturizer, sebaiknya pilihlah produk yang bertekstur gel, atau jika kamu punya kulit kombinasi, gunakan moisturizer berbentuk lotion.

Berikut ini aneka rekomendasinya:

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Pastikan produk kosmetikmu non-comedogenic

Pemilik kulit oily tetap bisa, kok, tampil cantik dengan makeup flawless! Kuncinya adalah menggunakan produk kosmetik non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori kamu. Lalu, sebaiknya pilihlah makeup dengan tekstur powder daripada krim atau liquid karena lebih bisa menyerap minyak berlebih.

Sebagai tips, kamu juga bisa mengaplikasikan bedak tabur pada area T-zone. Dikenal juga dengan istilah setting powder atau finishing powder, bedak ini biasanya diformulasi khusus untuk mengurangi minyak berlebih agar wajah tidak tampak mengkilap setelah pakai makeup.

Gunakan produk yang oil free 

Selain non-comedogenic, pastikan kamu juga menggunakan produk-produk yang oil-free agar wajah tidak semakin oily, terutama pada area T-zone. Hal ini berlaku untuk kosmetik sekaligus skincare, ya. Untungnya, tak sulit menemukan produk yang oil-free karena biasanya label ini tertera pada kemasan maupun nama produk, seperti Elsheskin Hydra Boost Oil Free Moisturizer.

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Diperkaya kombinasi Ceramide, Glycerin, Cica, Beet Root, dan Zinc, moisturizer satu ini tidak cuma mampu menyeimbangkan produksi minyak, tapi juga mencegah pori-pori kulit tersumbat, memperkuat skin barrier, mengatasi kemerahan pada kulit berjerawat, hingga membuat kulit wajah jadi lebih lembut.


T-zone merupakan area wajah yang lebih rentan berminyak daripada bagian lain. Tapi, kamu bisa mengontrol minyak berlebih pada area tersebut dengan melakukan cara-cara di atas, termasuk rajin merawat kulit menggunakan produk skincare oil-free dan non-comedogenic seperti rekomendasi yang disebutkan. 

Dapatkan produknya dengan mendatangi store Watsons terdekat! Lebih suka belanja online? Check out sekarang juga melalui website Watsons, official store Watsons di e-commerce, atau aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS)!

Previous

Rekomendasi Serum Avoskin untuk Berbagai Masalah Kulit

Next

5 Manfaat Ikan Kod untuk Pertumbuhan Anak

Related Topics
Share