Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Apakah kamu memiliki jenis kulit berminyak tapi kering? Tenang, kamu tidak sendirian! Kulit jenis ini memang memerlukan perhatian khusus. Namun, dengan perawatan yang tepat, kamu bisa mencapai kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik. Sebelum membahas tips perawatannya, yuk, kita kenali dulu karakteristik kulit berminyak tapi kering alias jenis kulit kombinasi berikut ini.


Ciri Kulit Berminyak tapi Kering

Kulit kombinasi sering menjadi dilema bagi banyak orang. Jenis kulit ini mungkin sulit diidentifikasi, tetapi dengan pemahaman yang baik tentang karakteristiknya, kamu bisa mengetahui apa yang memicu kondisi kulit sehingga menjadi berminyak tapi kering. Berikut adalah cara identifikasi yang bisa kamu coba:

  • Perhatikan tampilan kulit kamu setelah mencuci muka. Jika kulit terasa kencang dan kering, tetapi tetap menghasilkan minyak berlebih di T-zone (dahi, hidung, dan dagu), kamu mungkin memiliki kulit kombinasi yang berminyak tapi kering.
Foto: Pinterest
  • Perhatikan apakah kulit kamu mengelupas, terutama di area pipi dan sekitar mulut. Jika demikian, ini adalah tanda bahwa kulit kamu kering. Kemudian jika kondisi ini terjadi bersamaan dengan T-zone yang berminyak, kemungkinan kamu memiliki jenis kulit kombinasi.

Apa Penyebabnya?

Setelah mengetahui cara mengidentifikasi tipe kulit ini, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit kombinasi. Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhinya antara lain:

  • Genetik: Sifat kulit kamu bisa diturunkan dari orang tua atau anggota keluarga lainnya. Jika mereka memiliki kulit berminyak tapi kering, kamu mungkin mengalami hal yang sama.
  • Cuaca: Iklim yang ekstrem, seperti udara yang kering atau dingin, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk melindungi kulit dari cuaca buruk, gunakan pelembab yang cocok.
  • Produk yang salah: Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan tipe kulit kamu juga bisa mengganggu keseimbangan minyak alami dan kelembaban kulit. Pilihlah produk yang dirancang khusus untuk jenis kulitmu, khususnya kulit kombinasi.

Cara Merawat Kulit Berminyak Tapi Kering

Kamu yang memiliki kulit berminyak tapi kering mungkin pernah mengalami kesulitan dalam menemukan panduan perawatan yang tepat. Padahal, jenis kulit ini membutuhkan perhatian khusus. Berikut adalah langkah-langkah perawatan harian yang bisa kamu lakukan:

1. Pembersihan yang Tepat

Pilihlah pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang bisa membuat kulit semakin kering. Gunakan pembersih dengan kandungan salicylic acid atau tea tree oil untuk membantu mengontrol minyak berlebih pada kulit. Hindari pembersih yang mengandung alkohol, karena bisa membuat kulit semakin kering.

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher

2. Pelembab yang Cocok

Pilihlah pelembab yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau ceramide untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Gunakan pelembab dengan tekstur ringan agar tidak menyumbat pori-pori. Pastikan juga pelembab yang kamu pilih tidak mengandung bahan-bahan berminyak yang bisa memperburuk kondisi kulit kombinasi.

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher

3. Gunakan Masker Wajah Secara Rutin

Selain perawatan harian, gunakan masker wajah yang bisa membantu menghidrasi kulit secara intensif. Pilihlah masker dengan kandungan bahan alami seperti lidah buaya atau mentimun untuk memberikan efek menenangkan pada kulit berminyak tapi kering.

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher


Perawatan di Rumah

DIY perawatan di rumah dengan bahan-bahan alami bisa menjadi solusi yang efektif untuk merawat kulit jenis kulit kombinasi. Salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi kulit kombinasi adalah lidah buaya atau aloe vera.

Lidah buaya mengandung gel yang bisa melembabkan kulit tanpa meninggalkan rasa berminyak. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada wajahmu setelah membersihkannya dengan lembut. Biarkan gel tersebut meresap ke dalam kulit selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Gel dari lidah buaya menjadi hidrasi bagi kulit, untuk mengatasi masalah kulit berminyak tapi kering (kulit kombinasi).

Selain lidah buaya, madu juga bisa membantu mengatasi kulit berminyak tapi kering. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang bisa membantu menjaga kelembaban kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Kamu bisa mencoba membuat masker wajah dengan mencampurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan yogurt.

Kamu bisa mencoba membuat masker wajah untuk kulit kombinasi, dengan mencampurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan yogurt.

Oleskan campuran ini pada wajahmu dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lembab.

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher

Coba ikuti tips perawatan di atas, supaya kamu bisa mengatasi masalah jenis kulit kombinasi dengan efektif. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki tingkat sensitivitas kulit yang berbeda, jadi pastikan untuk menguji bahan-bahan alami ini terlebih dahulu pada area kecil kulit kamu sebelum mengaplikasikannya secara keseluruhan. Jika masalah kulitmu tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.


Dengan memahami seluk-beluk kulit berminyak tapi kering, kamu bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk merawat kulit kamu. Watsons menyediakan berbagai produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit kombinasi. Kunjungi aplikasi Watsons ID (Google Play, App Store) atau website Watsons Indonesia untuk temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu!

Jangan lupa juga untuk daftar jadi member Watsons Club, supaya kamu bisa nikmati diskon ekstra dan beragam keuntungan lainnya 🙂

Previous

Persiapan dan Pasca Perawatan Saluran Akar Gigi #JumatSehat

Next

Skincare Routine, Pakai Toner Dulu atau Serum?

Related Topics
Share