Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Apa kamu sedang demam, batuk-batuk, dan bahkan kesulitan bernapas belakangan ini? Bisa jadi, itu gejala penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA. Pengobatan penyakit ini memang memerlukan pengawasan ahli kesehatan di klinik atau rumah sakit agar tidak mudah menular ke orang lain. Apalagi, kalau gejalanya sudah cukup berat. Tapi, di luar itu, kamu juga bisa mencoba meredakan gejalanya sendiri, kok! Bagaimana caranya? Yuk, simak berbagai metode perawatan ISPA secara mandiri di rumah melalui artikel ini!

1. Terapi uap

Penyakit ISPA identik dengan ingusan atau bahkan hidung mampet karena selaput lendir yang menebal hingga menyumbat saluran pernapasan. Nah, untuk melelehkan selaput lendir dan meredakan gejala tersebut, ada satu metode perawatan ISPA yang bisa kamu coba: terapi uap. 

Caranya, rebus satu liter air hingga mendidih, dan campurkan dengan sepotong kayu kapur barus. Kemudian, kamu bisa menghirup uap yang dihasilkan dari campuran tersebut selama 10-15 menit hingga hidungmu terasa lebih lega. Tapi, metode ini kurang disarankan untuk ibu hamil, anak-anak, dan penderita hipertensi. Tenang, kamu bisa cari alternatif lainnya di bawah ini.

2. Minum campuran air hangat, lemon, dan madu

Untuk anak-anak dan ibu hamil, metode perawatan ISPA dengan mengonsumsi madu dan lemon lebih aman dan tidak kalah ampuh. Sebab, madu memiliki sifat anti-bakterial yang bisa menghambat kinerja kuman penyebab ISPA dalam tubuh. 

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mencampurkan air hangat, irisan dan air perasan lemon, serta satu sendok makan madu. Selain madu murni, kamu juga dapat menggunakan madu dengan mint dan jahe agar lebih ampuh, contohnya Tresno Joyo Madu TJ Jahe Merah Mint yang kandungan alaminya bisa memperkuat sistem imun tubuh.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

3. Kumur-kumur dengan air garam

Sama seperti madu, garam juga bisa menghambat aktivitas kuman di dalam tubuh. Apalagi, bumbu satu ini punya manfaat tambahan untuk meredakan gejala ISPA, yaitu tenggorokan gatal dan dahak yang mengendap. 

Untuk membuat air kumur garam, campurkan air hangat dan satu sendok teh garam, lalu basahi bagian dalam tenggorokan selama 10 detik tanpa ditelan. Alternatif lainnya, kamu juga bisa berkumur menggunakan Watsons Active Salt Herbal Mouthwash yang memiliki khasiat bonus merawat gigi dan gusi dengan garam murni supaya keseimbangan bakteri di mulut tetap terjaga.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

4. Minum teh atau air rebusan jahe

Jahe merupakan salah satu metode perawatan ISPA secara alami yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah, lho. Kenapa? Rempah alami satu ini memiliki khasiat menghambat aktivitas mikroba seperti bakteri dan virus di dalam tubuh. Tapi, bagaimana cara mendapatkannya? Mudah, kok

Kamu tinggal mengunyah irisan jahe setiap hari, atau mencampurkannya dengan air rebusan sendiri. Terus, kalau kamu lebih suka minum teh dengan cara gampang, kamu tinggal seduh kantong teh Kepala Djenggot Teh Jahe Wangi yang memiliki rasa dan aroma jahe strong, tapi tetap menenangkan.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

5. Menghirup minyak kayu putih

Aroma minyak kayu putih memang selalu ampuh untuk meredakan hidung tersumbat, apalagi saat mengalami gejala ISPA. Makanya, kamu juga bisa menghirup minyak kayu putih (eucalyptus) sebagai bagian dari rutinitas perawatan ISPA di rumah. 

Apalagi, sekarang sudah ada banyak pilihan minyak kayu putih yang berkualitas di pasaran, contohnya dari Cap Lang. Selain mengoleskannya pada kulit, tidak ada salahnya juga mencium aroma minyak kayu putih satu ini secara langsung dari kemasannya.

6. Berjemur di bawah sinar matahari

Vitamin D merupakan salah satu zat terpenting yang diperlukan tubuh untuk menghalau infeksi virus dan bakteri, termasuk untuk perawatan ISPA. Nah, untuk mendapatkannya, kamu memang bisa mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya akan vitamin D. Tapi, itu pun harus dilakukan dengan pengawasan dokter. 

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Selain itu, ada juga cara alami yang lebih aman, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. Namun, untuk menghindari kerusakan pada kulit akibat sinar UV, sebaiknya kamu berjemur hanya saat indeks UV di luar masih rendah, yaitu sekitar pukul 8-9 pagi selama 10-15 menit. Walaupun begitu, sebaiknya tetap gunakan sunscreen untuk wajah dan tubuh sebelum mulai berjemur.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Perawatan ISPA memang memerlukan anjuran dan pengawasan dari dokter agar lebih efektif sekaligus aman. Tapi, berbagai cara alami di atas bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah untuk melengkapi rekomendasi ahli kesehatan! 

Kamu juga tidak perlu kesulitan mendapatkan produk kesehatan yang diperlukan untuk meredakan gejala ISPA, kok. Sebab, melalui website dan aplikasi Watsons ID untuk smartphone (Android, iOS), kamu bisa belanja tanpa harus keluar rumah! Jadi, kamu bakal lebih punya banyak waktu untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuhmu dengan lebih nyaman.

Previous

Kantung Mata: Penyebab dan Cara Menyamarkannya

Next

4 Ide Makeup Glittery Eyeshadow untuk Tahun Baru

Related Topics
Share