Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Ibu hamil memerlukan asupan gizi yang mencukupi untuk mendukung pertumbuhan janin dan menjaga kesehatannya sendiri. Nah, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan adalah kalsium. Kalsium berperan penting selama kehamilan karena membantu dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada janin, serta menjaga kesehatan tulang ibu hamil sendiri. Yuk, simak informasi 5 makanan bergizi sumber kalsium untuk ibu hamil di artikel ini!


Berapa Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil?

Kebutuhan kalsium wanita usia 19–49 tahun berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah 1000 mg per hari. Tapi, saat seorang wanita hamil, tubuhnya memerlukan tambahan 200 mg kalsium per hari selama trimester kehamilan. Karenanya, total kebutuhan kalsium ibu hamil adalah sebesar 1200 mg per hari, yang berlaku sepanjang kehamilan. Menjaga asupan kalsium ini penting karena jika tidak tercukupi, janin akan mengambil kalsium dari tubuh ibu, yang bisa meningkatkan risiko osteoporosis. 


Rekomendasi Sumber Makanan

Berikut beberapa sumber kalsium yang direkomendasikan:

1. Produk olahan susu

Produk olahan susu seperti keju, yoghurt, dan es krim adalah sumber kalsium yang umum dan mudah ditemukan. Selain kalsium, produk-produk ini juga mengandung protein, vitamin D, dan berbagai nutrisi penting lainnya. Kamu juga bisa konsumsi Prenagen Mommy, salah satu produk khusus untuk ibu hamil yang punya komposisi nutrisi yang lengkap dengan gizi Formula BIOFE (Blood, Inulin, Osteo, Fetus, Energy) untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

2. Kacang almond

Kacang almond adalah sumber kalsium nabati yang direkomendasikan selama kehamilan. Selain kalsium, makanan ini juga mengandung lemak sehat, serat, protein, magnesium, dan nutrisi penting lainnya. Konsumsi kacang almond dengan bijak bisa membantu mengatur kadar gula darah, yang merupakan faktor penting selama kehamilan untuk mengurangi risiko diabetes gestasional.

3. Ikan sarden dan salmon

Ikan sarden adalah sumber kalsium untuk ibu hamil dengan sekitar 95 mg kalsium dalam 100 gram ikan. Selain itu, ikan sarden juga mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, otak, dan kulit, lho. Di sisi lain, ikan salmon mengandung kalsium dan vitamin D yang berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Ikan salmon juga merupakan sumber protein dan omega-3 yang sangat bergizi dan dibutuhkan oleh ibu hamil.

4. Kurma

Kurma adalah camilan sehat yang mengandung kalsium. Dalam 100 mg kurma terdapat sekitar 38 mg kalsium yang bisa bantu memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Kurma juga mengandung serat dan energi tambahan yang bisa jadi pilihan camilan sehat selama kehamilan.

5. Tahu

Tahu adalah sumber kalsium nabati yang kaya, dengan sekitar 223 mg kalsium dalam 100 gram tahu. Selain kalsium, tahu juga mengandung asam folat, zat besi, zinc, dan fosfor yang menjadikannya alternatif makanan yang sangat bergizi selama kehamilan.

6. Sayuran hijau dan biji-bijian

Sayuran seperti sawi hijau dan bayam adalah sumber kalsium untuk ibu hamil nabati dengan sekitar 200 mg kalsium dalam 100 gram sawi hijau dan 520 mg dalam 100 gram bayam merah. Selain kalsium, sayuran ini juga mengandung asam folat yang penting untuk mencegah cacat lahir tabung saraf pada janin. Biji-bijian seperti biji chia juga merupakan sumber kalsium yang baik dan kaya akan serat, serta memberikan asupan kalsium yang diperlukan selama kehamilan.

7. Suplemen kalsium

Ibu hamil mungkin memerlukan suplemen kalsium jika tidak bisa memenuhi kebutuhan kalsium melalui makanan sehari-hari. Kamu bisa konsumsi beberapa produk suplemen kalsium seperti BLACKMORES Pregnancy & Breast Feeding Gold dan CDR Vitamin Suplemen Kalsium Rasa Jeruk Mandarin. 

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

BLACKMORES Pregnancy & Breast Feeding Gold mengandung 17 nutrisi esensial dan tinggi DHA dari sumber alami Omega-3 yang membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui. Sementara itu, CDR Vitamin Suplemen Kalsium Rasa Jeruk Mandarin adalah pilihan yang memenuhi kebutuhan kalsium harian, serta menyediakan vitamin penting lainnya yang berperan dalam pembentukan tulang kuat dan sehat.


Kalsium untuk ibu hamil selama kehamilan penting untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi janin, serta menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Ibu hamil juga perlu memastikan asupan nutrisi secara keseluruhan yang mencakup asam folat, zat besi, protein, dan vitamin D. Pola makan yang seimbang dengan variasi dalam asupan makanan akan membantu memastikan ibu hamil mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. 

Konsumsi juga suplemen kalsium jika diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil selama kehamilan, menjaga kesehatan, dan mendukung perkembangan janin yang sehat. Yuk, dapatkan produk-produk asupan kalsium yang direkomendasikan di Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) di smartphone!

Previous

8 Jenis Sisir Rambut dan Fungsi Lengkapnya

Next

Mau Minum Obat Paracetamol, Perhatikan Ini Dulu

Related Topics
Share